Category: Profil
Published on 25 June 2013 Hits: 2324
Print

 
Category: Profil

 

IDENTITAS SEKOLAH

 

1. Nama Sekolah     : SMA Negeri 14 Jakarta


2. Alamat                 : Jl. SMA XIV

..................................Kelurahan : Cililitan

..................................Kecamatan : Kramat Jati Jakarta Timur

..................................Telp. 021-8090296 Fax. 80879054


3. Status Sekolah      : Negeri

..................................Jenjang akreditasi               :  A

..................................Tanggal akreditasi terakhir  :  10 November 2009

..................................Dinyatakan sebagai sekolah siap SKM (Sekolah Kategori

..................................Mandiri ), pada bulan Maret 2010

..................................Dinyatakan lulus sertifikasi ISO 2008 : 9001 & IWA 2,

..................................bulan Juni 2010


4. N.S.S                  :   301016405030

..................................N.I.S         : 30042

..................................NPSN       : 20103284


5. Luas tanah           :  3.855 m2

..................................Luas bangunan lantai bawah   : 1944 m2

..................................Status tanah & bangunan        : milik sendiri (Pemprov DKI

..................................Jakarta)


6. Jumlah rombel      :   21 kelas


7. Waktu belajar      :   Pagi, pukul 06.30 s.d 15.30 wib.


8. Mata Pelajaran Bahasa Asing untuk kelas XI dan kelas XII

..................................a. Kelas XI, bahasa Perancis (IPS) Jepang (IPA)

..................................b. Kelas XII, bahasa Perancis (IPS) Jepang (IPA)


9. Jenis mulok           : English For Specific Purposes (ESP)

 

 



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,


Seraya memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan yang Maha Esa, disertai perasaan bangga saya menuliskan kata sambutan Kepala sekolah, dalam rangka penerbitan Website sekolah edisi perdana, setelah dilakukan up date, baik dari sisi pengelolaan maupun isinya. Di era global dan pesatnya Teknologi Informasi ini, tidak dipungkiri bahwa

keberadaan sebuah website untuk suatu organisasi, termasuk SMA Negeri 14 Jakarta , sangatlah penting. Wahana website dapat digunakan sebagai media penyebar luasan informasi-informasi dari sekolah, yang memang harus diketahui oleh stake holder secara luas. Disamping itu, website juga dapat menjadi sarana promosi sekolah yang cukup efektif. Berbagai kegiatan positip sekolah dapat diunggah, disertai gambar-gambar yang relevan, sehingga masyarakat dapat mengetahui prestasi-prestasi yang telah berhasil diraih oleh SMA 14 Jakarta.

Sebagai media pembelajaran, website sekolah terdapat link ThinkQuest yang dapat digunakan oleh guru dan siswa untuk menuliskan berbagai artikel tentang pelajaran atau materi penting pelajaran yang bersangkutan. Bahkan guru dapat memberikan tugas-tugas Mandiri kepada peserta didik melalui thinkquest yang disiapkan,sehingga akan menunjang kegiatan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi.

Website juga dapat dijadikan sarana komunikasi antara sekolah dengan para alumni. Bahkan alumni dapat memanfaatkan website sekolah untuk konsolidasi, sehingga terbentuk ikatan alumni yang makin besar dan kuat. Sekolah menyadari bahwa alumni merupakan salah satu potensi yang apabila digali dan dikelola dengan baik dan benar akan mampu memberikan kontribusi yang sangat positip kepada sekolah. Oleh karena itu, saya sangat berharap, melalui website ini, himpunan alumni SMA Negeri 14 Jakarta akan semakin berkembang dan solid, sehingga pada waktunya nanti dapat memberikan kontribusi bagai kemajuan sekolah tercinta untuk mencapai SMA 14 Jakarta yang lebih cerdas,Terima kasih.

Jakarta, Juni 2013

Kepala SMA Negeri 14 Jakarta

 

Drs. Tulus Winardi, SH, M.Si

Drs. Tulus winardi, SH, M.Si.

NIP.196110251989051001

Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE
 
Category: Profil
Published on 25 June 2013 Hits: 2344
Print
Read more: Prestasi
 
Category: Profil

 

RIWAYAT SEKOLAH

 

Pada awalnya, SMA Negeri 14 Jakarta adalah filial (kelas jauh) dari SMA Negeri 8 Jakarta. Ketika SMA Negeri 8 Jakarta sudah tidak mampu lagi menampung siswa yang mendaftar di sana, akhirnya pada tahun 1964 didirikanlah kelas jauh SMAN 8 Jakarta, yang kemudian diberi nama Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Jakarta. SMAN 14 Jakarta yang sekarang berlokasi di Jl. SMA XIV Cililitan, Kramat Jati Jakarta Timur, kala itu masih menumpang di SD Kramat Jati, Jakarta Timur.


Pada tahun 1969, SMAN 14 Jakarta pindah lokasi di tempat yang sekarang ini, yaitu di Jalan SMA XIV, Cililitan, Kramat Jati, Jakarta Timur. Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya mutu serta kualitas siswa dan pengajar, SMAN 14 Jakarta kemudian dipercaya oleh Kanwil Depdikbud (Departemen Pendidikan dan Kebudayaan) DKI Jakarta saat itu, untuk mengelola kelas-kelas jauh yang sekarang telah menjadi SMA Negeri 39 Jakarta, SMA Negeri 42 Jakarta, SMA Negeri 53 Jakarta, dan SMA Negeri 62 Jakarta.


Dengan kondisi seperti itu, SMAN 14 Jakarta yang pada awalnya adalah sekolah binaan khusus, kemudian berubah status menjadi salah satu SMA Unggulan yang berlokasi di Jakarta Timur. Keunggulan itu patut diacungi jempol dengan berhasilnya sekolah ini meraih peringkat ke-5 perolehan nilai Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2006/2007 Se-DKI setelah SMA Negeri 28 Jakarta, SMA Negeri 61 Jakarta, SMA Negeri 81 Jakarta, dan SMAN 8 Jakarta.


Ditambah lagi, pada tahun-tahun berikutnya, siswa yang berhasil diterima di Perguruan Tinggi Negeri , selalu mencapai diatas 75 %, dari seluruh siswa kelas tiga yang berjumlah 7 kelas. Dengan prestasi yang membanggakan itu, status SMA 14 Jakarta sebagai SMA Unggulan berubah lagi. Oleh Dinas Dikmenti ( Pendidikan Menengah Tinggi) Daerah Khusus Ibukota Jakarta, status SMAN 14 Jakarta menjadi SMA Unggulan DKI Jakarta. Dengan status seperti itu, beban ke depan untuk SMAN 14 tentunya makin bertambah. Sebab, sekolah ini bercita-cita menjadi SMA yang bertaraf Internasional.


Mulai Tahun Pelajaran 2008-2009 SMAN 14 Jakarta telah menyelenggarakan sistem belajar “moving class”. Hal tersebut dilaksanakan sebagai persiapan SMAN 14 Jakarta menjadi Sekolah Kategori Mandiri (SKM) , yang secara bertahap namun pasti seluruh stake holder SMA Negeri 14 Jakarta akan meningkatkannya menjadi Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional.