Category: Profil
Published on 16 June 2013 Hits: 2108
Print

 

RIWAYAT SEKOLAH

 

Pada awalnya, SMA Negeri 14 Jakarta adalah filial (kelas jauh) dari SMA Negeri 8 Jakarta. Ketika SMA Negeri 8 Jakarta sudah tidak mampu lagi menampung siswa yang mendaftar di sana, akhirnya pada tahun 1964 didirikanlah kelas jauh SMAN 8 Jakarta, yang kemudian diberi nama Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Jakarta. SMAN 14 Jakarta yang sekarang berlokasi di Jl. SMA XIV Cililitan, Kramat Jati Jakarta Timur, kala itu masih menumpang di SD Kramat Jati, Jakarta Timur.


Pada tahun 1969, SMAN 14 Jakarta pindah lokasi di tempat yang sekarang ini, yaitu di Jalan SMA XIV, Cililitan, Kramat Jati, Jakarta Timur. Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya mutu serta kualitas siswa dan pengajar, SMAN 14 Jakarta kemudian dipercaya oleh Kanwil Depdikbud (Departemen Pendidikan dan Kebudayaan) DKI Jakarta saat itu, untuk mengelola kelas-kelas jauh yang sekarang telah menjadi SMA Negeri 39 Jakarta, SMA Negeri 42 Jakarta, SMA Negeri 53 Jakarta, dan SMA Negeri 62 Jakarta.


Dengan kondisi seperti itu, SMAN 14 Jakarta yang pada awalnya adalah sekolah binaan khusus, kemudian berubah status menjadi salah satu SMA Unggulan yang berlokasi di Jakarta Timur. Keunggulan itu patut diacungi jempol dengan berhasilnya sekolah ini meraih peringkat ke-5 perolehan nilai Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2006/2007 Se-DKI setelah SMA Negeri 28 Jakarta, SMA Negeri 61 Jakarta, SMA Negeri 81 Jakarta, dan SMAN 8 Jakarta.


Ditambah lagi, pada tahun-tahun berikutnya, siswa yang berhasil diterima di Perguruan Tinggi Negeri , selalu mencapai diatas 75 %, dari seluruh siswa kelas tiga yang berjumlah 7 kelas. Dengan prestasi yang membanggakan itu, status SMA 14 Jakarta sebagai SMA Unggulan berubah lagi. Oleh Dinas Dikmenti ( Pendidikan Menengah Tinggi) Daerah Khusus Ibukota Jakarta, status SMAN 14 Jakarta menjadi SMA Unggulan DKI Jakarta. Dengan status seperti itu, beban ke depan untuk SMAN 14 tentunya makin bertambah. Sebab, sekolah ini bercita-cita menjadi SMA yang bertaraf Internasional.


Mulai Tahun Pelajaran 2008-2009 SMAN 14 Jakarta telah menyelenggarakan sistem belajar “moving class”. Hal tersebut dilaksanakan sebagai persiapan SMAN 14 Jakarta menjadi Sekolah Kategori Mandiri (SKM) , yang secara bertahap namun pasti seluruh stake holder SMA Negeri 14 Jakarta akan meningkatkannya menjadi Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional.